Senin, 03 Maret 2014

Museum Geologi, Wisata Edukatif di Kota Bandung

14.28

Berbicara seputar Bandung, tentu tak lepas dari kuliner dan tempat wisata yang variatif.  Banyak tempat eksotik yang bisa menarik para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terdapat sejumlah tempat yang sudah tak asing lagi di telinga, dan selalu dipadati banyak pengunjung. Sebut saja Kawah Putih, Tangkuban Parahu, Situ Patenggang dan beberapa museum bersejarah.

Satu hal yang sangat penting dipertimbangkan ketika memilih tempat wisata adalah persoalan budget. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kemampuan finansial wisatawan. Terlebih lagi, jika wisata tersebut dilakukan bersama keluarga. Alangkah baiknya bila tempat yang dipilih, selain memiliki nilai hiburan, juga memiliki nilai edukasi.
 

Museum Geologi, Wisata Edukatif di Kota Bandung
MUSEUM GEOLOGI - Salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi saat Anda dan keluarga mengisi liburan.
Museum Geologi merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk dikunjungi pada saat Anda dan keluarga mengisi liburan. Museum ini memiliki nilai edukasi yang tinggi untuk menambah wawasan, baik bagi kaum pelajar maupun kalangan umum. Museum yang didirikan pada tahun 1928 ini memiliki luas kurang lebih 2000 meter persegi dengan luas areal 6000 meter persegi. 

Bangunan yang terdapat di Jalan Diponegoro No. 57 Bandung ini menyimpan berbagai fosil dan benda-benda bersejarah hasil peradaban yang terdapat di bumi. Hingga saat ini, keberadaannya masih menjadi daya tarik bagi masyarakat khususnya kaum pelajar sebagai salah satu pusat referensi dan penelitian akademik. Perkembangan jumlah pengunjung sendiri mengalami kenaikan dari tahun ke tahun, baik dari kalangan pelajar, umum maupun wisatawan asing. 


“Mengenai pengelolaannya Museum Geologi dikelola langsung oleh Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, bukan dibawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan,” ungkap Resti, salah satu staf bagian informasi. Ia pun menuturkan, sejauh ini pengelolaan museum berjalan mulus termasuk kegiatan renovasi, penyediaan alat dan fasilitas lainnya. Sementara anggarannya bersumber dari APBN.


Erna (39) seorang pengunjung asal Sumedang mengakui kelebihan Museum Geologi dibandingkan tempat wisata lainnya. Ia berpendapat bahwa tempat wisata seperti museum ini sangat cocok diperkenalkan untuk anak-anak yang belajar ilmu alam. Di samping itu ia pun berpendapat, mengunjungi museum geologi tidak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena harga tiketnya relatif murah.


Berbenah Sarana
Dari tahun ke tahun, Museum Geologi terus berbenah. Bahkan kini dibangun ruangan sumber daya geologi yang mengorientasikan tentang sumber daya mineral, sumber daya energi, dan sumber daya air. Kemudian akan  disediakan pula monitor yang dioperasikan oleh pengunjung untuk membantu pelayanan informasi dan fasilitas permainan sebagai sarana hiburan.


Museum Geologi merupakan salah satu tempat edukasi tinggi yang sangat penting untuk dikunjungi. Keberadaannya tentu sangat membantu menambah wawasan para akademisi seputar ilmu geologi.


Banyak pelajaran yang bisa diambil dari museum yang satu ini. Bukan hanya tentang apa saja yang terdapat di bumi ini, tetapi juga tentang benda-benda bersejarah, dan informasi lain tentang bumi dan isinya. Hal itulah yang salah satunya menjadikan kedudukan Museum Geologi amat penting keberadaannya. Terutama untuk lebih mengenal bumi secara komprehensif.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Fitri Lestari. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top