Minggu, 11 Mei 2014

Urgensi Mempelajari Ilmu Komunikasi

03.53

 Ilustrasi diambil dari: humas.narotama.ac.id
Komunikasi menjadi keahlian penting dalam melakukan interaksi dengan orang lain agar saling mengetahui dan memahami kebutuhan satu sama lain. Untuk itu, mempelajari ilmu komunikasi adalah salah satu upaya yang harus dilakukan. Berikut ini beberapa alas an mengapa kita perlu mempelajari ilmu komunikasi, di antaranya:

1.    Adanya Etnosentrisme
Kecenderungan seseorang yang menganggap budaya sendiri lebih baik dan dijadikan tolak ukur untk mengukur budaya orang lain.
2.    Stereotyp
Kecenderungan yang salah atas segolongan orang yang mengabaikan ciri-ciri yang bersifat individual.
3.    Bahasa itu kompleks karena terikat oleh budaya.
4.    Bahasa itu dinamis (terus berkembang)
5.    Komunikasi itu berperan penting dalam menentukan kebahagiaan dan kesuksesan hidup seseorang.

Sementara itu, mengenai pentingnya mempelajari ilmu komunikasi sekaligus berkomunikasi, Prof. Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. dalam bukunya Ilmu Komunikasi menghubungkan pada fungsi komunikasi yang terbagi menjadi 4, di antaranya:

Fungsi Pertama: Komunikasi Sosial
Komunikasi berperan penting dalam membangun konsep diri kita, aktualisasi diri, kelangsungan hidup, memperoleh kebahagiaan, terhindar dari tekanan dan tegangan (lewat komunikasi yang menghibur) dan memupuk hubungan dengan orang lain.

Fungsi Kedua: Komunikasi Ekspresif
Komunikasi semacam ini menjadi instrumen untuk menyampaikan perasaan-perasaan (emosi) kita. Perasaan-perasaan tersebut dapat disampaikan melalui komunikasi non verbal yang tidak menggunakan kata-kata.

Fungsi Ketiga: Komunikasi Ritual
Komunikasi ritual biasanya dilakukan secara kolektif seperti perayaan atau peringatan sebuah acara tertentu. Dalam komunikasi tersebut menampilkan perilaku-perilaku simbolik.

Fungsi Keempat: Komunikasi Instrumental
Komunikasi ini mempunyai beberapa tujuan umum, yakni: menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah perilaku atau menggerakan tindakan, dan juga menghibur.


Referensi:
Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi, Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Materi Perkuliahan Pengantar Ilmu Komunikasi. Dosen: Ahmad Mukhyar, S.Sos. 2011.

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Fitri Lestari. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top